Aplikasi e Learning Gratis Paling Mudah Di Gunakan

Diera yang serba teknologi dan internet seperti saat ini dunia pendidikan pun tidak mau kalah dan ketinggalan. Saat ini pembelajaran dengan menggunakan sistem online atau yang sering disebut dengan e-learning mulai ramai dibicarakan, mulai dari yang menggunakan aplikasi e learning gratis hingga yang berbayar. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, Ujian Nasional untuk tingkat SMA/SMK pun sudah menggunakan komputer. Begitu juga dengan sistem penerimaan siswa baru, sudah banyak sekolahan yang menerapkan PPDB online.

Selain itu dengan adanya sistem online,siswa juga bisa merasakan manfaat lain diantaranya ialah lebih hemat biaya untuk membeli buku materi pelajaran. Sebaba beberapa buku materi pelajaran yang disediakan oleh pemerintah dalam hal ini yakni KEMENDIGBUD bisa diakses secara online. Begitupun soal perkembangan dan prestasi siswa, bagi sekolahan yang sudah mempunyai website orang tua atau wali murid bisa melihat laporan terkait hal tersebut di website sekolahan terkait.

Melihat dampak yang begitu signifikan terkait kemajuan internet di dunia pendidikan membuat para pengembang aplikasi mulai membuat aplikasi pembelajaran secara online atau e learning. Dan diantara aplikasi yang paling populer dan sering digunakan ialah Google Classroom, Jotfrom, Moodle, Edmodo, Schoology, dan masih banyak lagi.


Penasaran dengan aplikasi e learning gratis seperti di atas? Berikut ulasan singkatnya.

1. Google Classroom


Google Classroom adalah merupakan layanan yang dibuat dan dikembangkan oleh Google yang secara khusus dirancang untuk mempermudah dalam membagi file pembelajaran antara siswa dan guru. Dengan adanya Google Classrom diharapkan pembelajaran bisa berjalan dengan lebih efesien dan bisa mengurangi penggunaan kertas.

Ketika menggunakan layanan dari Google Clasroom nantinya kamu juga bisa memanfaatkan Google Drive untuk pembuatan dan memberi tugas. Ini merupakan yang paling populer dan paling sering digunakan oleh lembaga pendidikan. Dan berikut ialah tahapan atau cara mengoptimalkan Google Classroom.
  • Syarat utama untuk membuat Google Classroom kamu harus sudah memiliki akun gmail terlebih dahulu, jika sudah silahkan kujungi situs https://classroom.google.com/u/0/h.
  • Selanjutnya klik tombol “lanjutkan
  • Kemudian klik ikon plus dan pilih salah satu antara gabung ke kelas atau buat kelas. Jika kamu pengguna baru dan ingin membuat kelas silahkan pilih buat kelas.
  • Pada bagian ini kamu bisa membuat layanan G Suite For Education terlebih dahulu, namun untuk membuatnya kamu juga harus sudah memiliki domain instansi pendidikan yang terkait. Agar lebih mudah dan lebih cepat maka yang dicontohkan ialah lansung saja conteng saja seperi gambar dibawah ini.
  • Untuk bagian akhir silahkan kamu isi keterangan terkait dengan nama kelas, mata pelajaran, dan lain sebagainya.
Mudah bukan? Kini kamu sudah bisa membuat dan memiliki kelas secara online. Untuk mengoptimalkan beberapa fitur atau kegunaan menu di laman kelas yang baru saja kamu buat ialah sebagai berikut.

Fitur Google Classroom

  • Tugas kelas, dengan menggunakan tugas kelas kamu bisa bisa membuat soal kuis atau pertanyaan. Selain itu kamu juga bisa membuat materi pelajaran agar nantinya bisa dijadikan bahan belajar siswa.
  • Anggota, di menu ini kamu bisa mengundang siswa atau guru agar tergabung di kelas yang kamu buat, sehingga pada nantinya siswa bisa mengerjakan tugas dan guru bisa membuat soal atau materi pelajaran. Adapaun cara mengundangnya yakni dengan memasukan alamat email milik mereka.
  • Nilai, ialah halaman untuk menginformasikan hasil atau nilai dari tugas yang sudah dikerjakan siswa.

2. JotForm


JotFrom merupakan platform untuk membuat formulir online yang berasal dari San Fransisko, berdiri sejak tahun 2006 kini JotFrom sudah memiliki pengguna lebih dari 2 juta. Selain memiliki versi berbayar JotFrom juga menyediakan versi gratis. Keduanya memiliki fitur sama, yang membedakan yakni dari kapasitas penyimpanan dan watermark saja.

Dibandingakan dengan beberapa aplikasi e learning gratis yang lain JotForm memang tidak begitu familiar. Namun cara penggunaannya yang sangat mudah menjadikan aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat soal dengan bebagai macam pertanyaan terkait dengan materi pelajaran, atau untuk membuat formulir pendaftaran siswa baru secara online.

Bagi kamu yang ingin menggunakan JotFrom, berikut cara mendaftar atau registrasi dan tahapan membuat soal atau PPDB online.

Cara membuat JotFrom

  • Silahkan kunjungi website JotFrom.com
  • Silangkan klik “Sign Up” melalui akun gmail atau facebook
  • Lengkapi data seperti nama lengnap, username, alamat email, dan password. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan data terkait pekerjaan.
  • Selanjutnya untuk mulai membuat soal atau formulir pendaftaran online silahkan klik tombol “Create Form” dan silahkan pilih tamplate yang kamu inginkan. Agar lebih mudah silahkan pilih “Use Tamplate” saja.
Nah itulah cara membuat soal dan formulir pendaftaran siswa baru secara online. Jika semua sudah selesai kamu juga bisa mendownload aplikasi e learning ini secara gratis di Google Play Store. Jika menggunakan aplikasi maka kamu akan mendapatkan notifikasi di smartphone yang kamu gunakan.

3. Moodle


Seperti aplikasi pembelajaran pada umumnya, Moodle juga merupakan aplikasi pembelajaran yang berbasis online. Namun jika menggunakan ini kamu harus memiliki alamat domain terlebih dahulu. Bagi mereka yang sudah mengenal dan menguasai CMS seperti WordPress tentu akan memilih Moodle sebagai aplikasi pembelajaran online. Meskipun sedikit lebih sulit dan rumit namun menu dan fitur yang ada di Moodle memang lebih lengkap.

Bahkan sebelum adanya Google Classroom, Moodle sudah banyak digunkan oleh banyak sekolah khsususnya bagi Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi yang memiliki alamat website. Jika kamu penasan bagaimana cara membuat moodle, berikut gambaran singkatnya.
  • Seperti yang sudah disinggung di atas, untuk membuat moodle kamu harus sudah memiliki website terlebih dahulu. Jika sudah silahkan masuk kea kun cPanel, kemudian install aplikasi Moddle pada halaman cPanel tersebut.
  • Selanjutnya pada software stup silahkan isi semua kolom dan pilih versi yang akan kamu gunakan.
  • Kemudian jika sudah selesai maka kamu akan diminta untuk mengatur site name dan site description.
  • Langkah terakhir ialah pengisian identitas admin. Yakni yang terkait dengan email admin, password, dan lain sebagainya.
Itulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat akun Moodle. Dan jika proses di atas sudah kamu lakukan silahkan install aplikasi Moodle dan tunggu beberapa menit hingga proses penginstalan selesai.

Jika masih merasa bingung atau kamu ingin lebih mengembangkan dan menguasai beberapa fitur yang tersedia di Moodle silahkan bergabung dengan komunitas Moodle. Selain Moodle kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi e learning gratis maupun berbayar yang tersedia di CMS WordPress seperti Sensi, LifterLMS, LearnPress, dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan tentang cara menggunakan aplikasi e learning gratis untuk menunjang proses belajar mengajar. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel