Cara Mengganti Template Blog Dengan Mudah

Salah satu faktor penting yang harus di perhatikan selain konten atau isi di dalam blog ialah tampilan dari blog itu sendiri. Tampilan blog yang menarik namun tetap sederhana membuat pengunjung akan merasa betah berada di blog atau website milikmu, selain itu tampilan blog juga sangat mempengaruhi loading atau kecepatan. Nah, agar tampilan blog lebih menarik maka kamu harus bisa mengganti dan memilih template yang tepat.


Template blog atau website secara sederhana bisa diartikan sebagai desain atau tema dan tampilan blog tersebut. Selain itu template blog juga biasanya sangat mempengaruhi lebar header, warna teks, posisi widget, dan lain sebagainya.

Untuk memilih template blog juga tidak bisa sembarangan, sebab nantinya tema dari template tersebut juga sangat mempengaruhi kualitas dan jumlah pengunjung blog atau website yang kamu kelola. Setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin memilih template, yakni kesesuaian template, navigasi jelas, struktur heading, warna template tidak terlalu mencolok, dan memiliki loading yang ringan.

Jika kamu sudah merasa memiliki template yang tepat untuk blog atau website yang akan kamu kelola, selanjutnya yakni tentang bagimana cara mengganti template blog tersebut. Dan berikut ialah cara atau langkah-langkahnya.

Namun sebelum kamu mulai merubah template, sebaiknya extract file template terlebih dahulu agar seluruh file berada di luar. Sebab yang nanti akan kamu unggah ialah file yang berbentuk XML.

Cara Mengganti Template Blog

  • Langkah pertama kamu harus sudah login terlebih dahulu kea kun blog yang akan kamu ubah templatenya.
  • Selanjutnya silahkan kamu lihat pada tombol disamping halama blog yang berisi tentang Postingan, Statistik, Komentar, Halaman, Tata Letak, Tama, dan Setelah. Silahkan klik tombol “tema”.

  • Pada halaman tema silahkan kamu klik tombol “Cadangkan/Pulihkan”, letaknya berada di pojok atas sebelah kanan.
  • Kemudian silahkan klik tombol “Choose File” untuk memilih dan mengupload template yang sudah kamu download sebelumnya.
  • Pilih template yang akan kamu gunakan. Seperti apa yang sudah disinggung di atas, silahkan pilih file yang formatnya XML.
  • Jika sudah memilih template silahkan klik tombol “upload”.
Mudah bukan? Kini kamu sudah mengetahui cara merubah template blog. Untuk mempercantik tampilan blog kamu juga bisa mengedit template tersebut, misalnya dengan memberi beberapa widget atau merubah menu dengan cara mengedit HTML template tersebut.

Jika ingin merubah warna template, model teks, menyesuaikan lebar, dan lain sebagainya kamu juga bisa menggunakan atau mengklik tombol “sesuaikan”.


Itulah ulasan singkat tentang cara mengganti template blog dengan sangat mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel